Jumat, 16 Desember 2011

Sambal Tumpang

Resep Sambal Tumpang. Siapa yang tidak kenal menu yang satu ini. Rasanya yang lezat dan berbau khas. Sambal tumpang terbuat dari tempe semanggit begitu orang Jawa menyebutnya  kalau ibuku bilang tempe bosok alias tempe yang udah kematengan baunya emang lumayang menusuk hidung tapi jangan salah rasanya dijamin okey. Selain bisa dijadikan hidangan lezat tempe semanggit juga bisa digunakan sebagai penggati penyedap rasa, aku sering menggunakannya untuk membuat sayur lodeh, tumis kangkung, tumis kacang panjang maupun sayur bobor.
Waduh jadi ngelantur dech kemana-mana buruan buat sambal tumpang yuk…..
Bahan resep sambal tumpang
1.      250 gr tempe semangit
2.      20 bh cabai merah
3.      10 bh cabai rawit
4.      2 ruas jari kencur
5.      4 siung bawang putih
6.      5 siung bawang merah
7.      2 lbr daun jeruk
8.      2 lbr daun salam
9.      1 papan petai
10.  100 gr kerupuk jagek/krupuk kulit
11.  1 ruasjari  lengkuas, geprek
12.  400 cc /2 gelas gelas santan kanil ( kental)
13.  Gula dan garam secukupnya

Cara membuat sambal tumpang
  • Ø  Didihkan air, rebus bahan No. 1 s.d No. 6 hingga matang tiriskan, kemudian giling hingga lembut ( kecuali tempe jangan terlalu lembut)
  • Ø  Rebus kembali bahan yang telah dihaluskan bersama santan kental, tambahkan daun jeruk, daun salam, petai, dan lengkuas.
  • Ø  Masak sambil sesekali diaduk tambahkan kerupuk jangek, beri gula dan garam secukupnya masak hingga sedikit mengental, angkat sajikan
Siap dech. Sebagai teman sambal tumpang aku sajikan juga sayur lodeh dan kerupuk gendar atau orang biasa menyebutnya lempeng kalau aku sih nyebutnya rambak. Bisa juga disajikan dengan sayuran yang direbus, misalnya bayam, kacang panjang, kankung, touge dll.
Wah ada yang ketinggalan nih buat yang ngak suka pedes cabenya bisa disesuaikan dengan selera, atau buat yang ngak tahan makan cabe rawit bisa pake cabe merah aja. Atau anda bisa mengkreasikannya sesuai selera anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Blog ini DOFOLLOW. Tuliskan comentar Anda, Anda akan mendapatkan blaclink secara otomatis.