Jumat, 14 Oktober 2011

FUNGSI DAN SUMBER VITAMIN D

Fungsi Vitamin D

Fungsi dan Sumber Vitamin D. Apa sih fungsi Vitamin D bagi tubuh kita? Dan makanan apa saja sih yang mempunyai kandungan Vitamin D? Vitamin D sangat penting fungsinya bagi kesehatan tulang, karena vitamin D berperan dalam penyerapan kalsium di lambung dan saluran pencernaan. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh kita tidak akan mampu menyerap kalsium dengan baik sehingga memiliki tulang yang lemah. Vitamin D adalah pro-hormon yang digunakan tubuh kita untuk mengangkut kalsium dari pencernaan melalui darah menuju ke tulang, jantung, otak, paru-paru dan organ lain yang memerlukannya. Vitamin D membantu daya serap kalsium, dan sejumlah studi memperlihatkan seseorang yang memiliki kandungan vitamin D rendah memiliki tingkat kepadatan tulang yang rendah. Mereka juga memiliki kecenderungan akan tulang rapuh seiring bertambahnya umur. Vitamin D secara alami bisa diperoleh di dalam makanan tertentu , tetapi Anda juga dapat memperolehnya dari sinar matahari, dan banyak makanan yang sudah diperkuat dengan nutrisi penting ini.
Nah karna begitu pentingnya vitamin D bagi tubuh kita, maka perlu kita ketahui fungsi dan sumber vitamin D itu sendiri.

Sumber Vitamin D

Berikut beberapa sumber makan yang banyak mengandung vitamin D

Susu
Susu dianggap sebagai salah satu sumber terbaik dari vitamin D. Segelas susu diperkaya dengan nutrisi penting, termasuk vitamin D. Selain itu, susu tidak hanya bergizi untuk anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa. Penelitian mengindikasikan bahwa kandungan vitamin D dalam susu menyediakan manfaat anti-penuaan. Dengan demikian, masukan susu menjadi bagian dari diet harian Anda.

Kuning telur
Telur adalah sumber yang kaya vitamin D, terutama bagian bulat kuning yang disebut kuning telur. Dengan demikian sesuai fungsinya mempunyai peran mengatur sistem saraf, sistem kardiovaskular, dan otak. Selanjutnya, ini akan menurunkan risiko katarak dan membantu dalam kesehatan kuku seseorang dan pertumbuhan rambut.



Ikan salmon
Salmon lain salah satu sumber utama vitamin D. Pada kenyataannya, itu adalah salah satu sumber alami vitamin D dan asam lemak esensial yang sangat langka. Salmon membantu dalam meningkatkan fungsi otak dan melindungi sistem saraf. Juga berfungsi sebagai anti depresan-dan karenanya, membantu dalam menenangkan otak, meningkatkan efisiensi otak, dan meningkatkan memori.
Cod Liver Oil
Minyak hati ikan cod secara luas dikenal untuk menyediakan vitamin D dalam jumlah besar. Oleh karena itu berperan penting untuk meningkatkan kondisi jantung dan sistem kardiovaskular. Selanjutnya,
membantu dalam meningkatkan fungsi otot dan mendukung elastisitas pembuluh darah. Penelitian telah menghubungkan minyak ikan cod dengan berkurangnya kadar kolesterol tinggi dan penipisan darah, sehingga mengurangi kemungkinan penyumbatan arteri.

Sarden Kalengan
Meskipun Ikan sarden segar dan baik digunakan untuk konsumsi, tetapi versi kalengan diyakini memberikan manfaat kesehatan yang lebih. Kaya vitamin D selain dari nutrisi lain, sarden kaleng membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang secara keseluruhan dan kesehatan jantung. Selanjutnya, mereka bahkan dikenal untuk mengobati peradangan secara efektif dan menjaga kadar gula tubuh di bawah kontrol.




Keju
Keju adalah salah satu produk susu yang sangat kaya vitamin D. Ini membantu dalam menyerap jumlah tinggi kalsium dari keju, dengan demikian meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Vitamin D dalam keju bermanfaat untuk memperkuat gigi dan menghindari gigi berlubang. Hal ini, pada gilirannya, membantu dalam mencegah keausan enamel.

Tuna kaleng
Tuna kaleng mengandung vitamin D dalam jumlah yang besar. Akibatnya, mereka sangat bermanfaat dalam melindungi kulit terhadap luka bakar matahari dan kanker kulit. Selanjutnya, membantu dalam pengisian kandungan air, sehingga menjaga kelembaban kulit dan memberikan tampilan yang bersinar alami.




Haring
Herring adalah salah satu sumber terkaya vitamin D. Dengan penggalian lebih dari 952 IU vitamin D hanya dalam satu cangkir ikan herring, ikan ini bergizi dan harus harus termasuk dalam diet non-vegetarian. Terutama herring Atlantik lebih bermanfaat daripada jenis ikan yang sama di Pasifik. Dikonsumsi langsung mentah-mentah, dikeringkan, dibuat acar atau secara fermentasi, ikan haring menyediakan semua manfaat vitamin D melalui segala cara.

Olahan Hati
Bagi anda yang tidak tahu, hati adalah sumber utama lain yang menyediakan vitamin D bagi tubuh Anda. Meskipun semua ayam, daging sapi, dan hati sapi mengandung jumlah vitamin D namun perhatian, hati anak sapi yang sehat adalah paling besar kandungannya di antara semuanya. Hal ini sangat berguna untuk pertumbuhan tulang yang tepat, kesehatan kulit dan rambut, dan reproduksi.
Selain di atas, makarel, ikan halibut, lele, udang, tiram, jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D, yoghurt yang diperkaya, margarin, dan sereal juga merupakan sumber vitamin D. Semoga ini daftar makanan yang kaya vitamin D bermanfaat bagi Anda.

Nah sudah tahu kan Fungsi dan sumber vitamin D yuk kita cukupi kebutuhan vitamin D kita supaya tetap tumbuh sehat punya tulang yang kuat hingga usia tua.

1 komentar:

  1. sinar matahi jg sumber vit D yg paling murah bukan?

    BalasHapus

Blog ini DOFOLLOW. Tuliskan comentar Anda, Anda akan mendapatkan blaclink secara otomatis.