Minggu, 13 November 2011

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh. Pepaya sering disebut juga dengan sebutan kates atau gandul. Tumbuhan yang satu ini terdapat dimana-mana. Dan ternyata pepaya mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.  Selain buahnya yang enak untuk dikonsumsi daun, dan bunganya juga enak untuk dijadikan sayur yang tentunya lezat rasanya. Hampir seluruh bagian tanaman pepaya dapat dimanfaatkan.
Apa saja sih manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh kita? Kita simak yuk!!!!!
1. Sebagai Obat jerawat.
Ambil 30 gram daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan 30 cc air, kemudian gunakan sebagai masker dimuka kamu yang jerawatan, hindari terkena mata mudahkan.
2. Manfaat Memperlancar pencernaan
Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
3. Menambah nafsu makan
Ambil 100 gram daun pepaya muda haluskan, beri 150 cc air, kemudian saring. Tambahkan madu secukupnya. Minum 2 kali sehari. Ini biasa diberikan kepada anak-anak yang sulit makan.
4. Mengatasi demam pada Anak-anak
Gunakan 200 gram buah masak, campur 300 gram labu kuning, tambahkan gula batu. Blender dan minumkan. Jika keadaan tidak membaik segera bawa ke dokter, anggap saja ini untuk pertolongan pertama!
5. Melancarkan ASI
Ambillah beberapa lembar daun pepaya remas-remas, letakkan diatas api hingga layu, tempelkan daun pepaya selagi hangat disekelilig payudara, kecuali putingnya.
6. Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena keduanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).
7. Mengatasi luka bakar
Gunakan getah pepaya muda dioleskan pada luka bakar, atau pepaya muda dihaluskan kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

Nah banyak bukan manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh kita. Jangan lupa bahwa pepaya dapat dijadikan sebagai hidagan, mau tahu ! Baca resep saya Buntil Daun Pepaya dan akan menyusul resep yang lain. Yang ini tak kalah lezat Oseng-oseng bunga pepaya.

10 komentar:

  1. makanan enak nih,.
    tipa minggu pasti makan loh

    BalasHapus
  2. Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

    BalasHapus
  3. cuma pepaya itu baunya agak kurang enak terkadang..

    ditunggu Sob kunjungan baliknya, makasih

    BalasHapus
  4. posting yang menarik makasih ya

    BalasHapus
  5. terimakasih untuk informasinya

    BalasHapus
  6. terimakasih sangat membantu

    BalasHapus

Blog ini DOFOLLOW. Tuliskan comentar Anda, Anda akan mendapatkan blaclink secara otomatis.